Friday 16 December 2011

Peran Mineral untuk kesehatan dan Awet muda

Berdasarkan penelitian dr Crane Ph.D dari Amerika dan Prof.Dr.Sir H.Oswald dari Belanda ada 80 jenis mineral yg memungkinkan orang bisa hidup sehat sampai usia lanjut,tetapi baru sekitar 40 jenis saja yg telah ditemukan rumus kimia dan kegunaannya.

Ada dua jenis mineral:
Mineral atau garam2 organik ada 2 jenis,yaitu jenis Makro dan Micro.Yg disebut Micro adalah yg diperlukan tubuh hanya dalam jumlah yg sedikit seperti Seng,Mangan,Kromium,Vanadium,Tembaga,Selenium.
Seperti hal nya vitamin,mineral sangat dibutuhkan oleh tubuh,supaya semua organ dapat berfungsi normal,tertapi harus dikonsumsi bersama sama supaya maksimal manfaatnya.

4 Sehat 5 Sempurna:
Kalau kita makan nasi dan lauk ayam saja,itu dinamakan kurang sempurna,karena tanpa tambahan vitamin dan mineral yg cukup.
Bila makanan kita sehari2 tidak memenuhi syarat 4 sehat 5 sempurna,maka perlu anda melengkapi dengan vitamin dan mineral.Mineral akan mempengaruhi penyerapan Nutrisi dan Vitamin kedalam tubuh.
Jadi 4 sehat 5 sempurna harus terdiri dari Karbo hidrat,Protein,Lemak,Sayuran dan buah2 an.

Fungsi Mineral:
Mineral berfungsi melancarkan prosee Bio kimia dan Bio elektrik yg terdiri atas milyaran sel yg menghasilkan listrik tubuh,besarnya sekitar 6 volt,tetapi karena ukuran mineral lebih kecil dari pada vitamin maka dia akan mudah terbuang keluar melalui keringat,air seni,muntahan,luka dsb.
Akibat kekurangan mineral micro makan sel2 tubuh akan semakin mengecil dan produksi Hormon maupun Enzim akan menurun.
Maka terjadilah penyakit Degeneratif seperti Diabetes,jantung koroner,tekanan darah tinggi dsb.Jadi semakin tua semakin tinggi resiko terkena penyakit tsb akibat kekurangan mineral.
Jadi kesimpulannya,mineral yg cukup akan membuat tubuh kita lebih sehat,otomatis memperpanjang umur dan awet muda.

No comments:

Post a Comment