Tuesday 23 August 2011

Membahas Khasiat Bawang Putih

"The Stinking Rose"
Saya pernah membaca tentang sebuah rumah makan yg terletak di Columbus Avenue San Francisco,pemiliknya adalah Dante Serafini.
Keistimewaan rumah makan ini adalah semua menu hidangan mulai dari kentang,ayam,ikan sampai es creamnya mengandung bawang putih.Ternyata cukup banyak menarik peminatnya.
Selain namanya yg unik:"The Stinking Rose" yang menyebabkan orang ingin tahu,mungkin boleh jadi maksudnya,bawang putih akan berbau harum kalau sedikit,tetapi akan berbau busuk kalau banyak.

Apa hubungannya dengan Kesehatan?
Bawang putih dipercayai mempunyai khasiat Detox atau pembersih secara alami untuk tubuh tanpa harus mengkonsumsi obat2 sintetis yang mahal,tetapi kadang mempunyai efek samping.
"Satu siung Bawang putih akan membuat penyakit lari" Percayakah anda?

Kandungan Bawang Putih:
Bawang putih ternyata juga mengandung Antiseptik Allicin yang ditemukan oleh Cavallito dan Bailey pada tahun 1944,kemudian Alliin yang ditemukan oleh stoll dan Seebeck pada tahun 1948.
Protein Alliin bisa berubah jadi anticeptik setelah dibongkar oleh enzim Alliinase yang sudah ada didalam umbinya dan akan bermanfaat setelah jaringan selnya rusak karena dihancurkan atau dikunyah karena belerang yg terlepas dari protein itu bersifat antibiotik.
Perlu diingat bahwa mengkonsumsi bawang putih mentah bisa mengacaukan lambung bagi orang2 tertentu.
Jadi tidak dianjurkan oleh Barbara Levine,seorang ahli Nutrisi dari New York Hospital,Cornel University Manhattan.Sebaiknya makanlah bawang putih yang sudah diolah,karena dengan proses olahan,belerang yg berkhasiat bisa terlepas dari ikatan ester proteinnya.
Sayangnya kedua zat itu sedikit sekali,jadi baru betul2 berkhasiat kalau dikonsumsi dalam jumlah banyak.
Bawang putih juga mengandung Kalium yg bersifat penenang,makanya dibuat sebagai jamu anti Hipertensi.
Sebetulnya ada sedikit salah kaprah disini,bawang putih tidak bisa mengobati tekanan darah tinggi,hanya bisa sebagai pencegah supaya tekanan darah yang normal tidak naik,jadi orang yang cenderung punya Hipertensi,kalau tekanan darahnya sudah normal boleh mengkonsumsi bawang putih supaya tetap stabil.

Penjinak Radikal Bebas.
Seperti kita ketahui radikal bebas adalah fragmen molekuler yang terbentuk karena oksidasi,mereka memiliki satu atau lebih elektron yg tidak mempunyai pasangan sehingga mereka berusaha mendapat pasangan dari molekul dinding sel tubuh,sehingga menyebabkan kerusakan dinding sel yang bisa merangsang terbentuknya tumor.
Sedangkan bawang putih melepaskan kalium didalam tubuh dan kalium ini sangat senang digaet oleh si Radikal bebas yang agresif itu,sehingga bisa menjinakkan mereka,jadi tubuh akan aman dari gangguan radikal bebas.
Dengan demikian jadilah si Bawang putih dianggap sebagai pencegah kanker,meskipun penyelidikan secara ilmiah belum ada pembuktian,tetapi tidak salah kalau kita katakan sebagai harapan bukan?



No comments:

Post a Comment